Contoh Permintaan Elastis

Didalam konsep Ekonomi, elastisitas ada bermacam-macam  namun dalam hal ini saya akan menjelaskan konsep elastisitas permintaan.

Elastisitas Permintaan adalah tingkat perubahan permintaan terhadap barang atau jasa yang diakibatkan perubahan harga barang atau jasa tersebut. Koefisien elastisitas permintaan adalah angka-angka untuk mengukur seberapa besar tingkat perubahannya.

Berdasarkan nilainya, elastisitas permintaan dibagi lima yaitu permintaan inelastis sempurna, inelastis, elastis uniter, elastis, dan elastis sempurna. Namun, saya akan menjelaskan permintaan elastis saja.

Permintaan Elastis (E > 1) dapat terjadi  jika perubahan permintaan lebih besar dari perubahan harga. Koefisien elastis lebih dari satu (E > 1), yang artinya kenaikan harga sebesar 1% menyebabkan penurunan jumlah permintaan lebih dari 1%, begitu pun sebaliknya.

Contohnya, biasanya sering terjadi pada permintaan terhadap mobil dan barang mewah lainnya termasuk barang-barang elektronika seperti laptop, netbook, notbook, iPod, iPad, iPhone dan lain sebagainya. Namun, saya akan mengambil contohnya cukup laptop saja.

Di kompleks perumahan mewah ditawarkan produk laptop bermerek yang dijual dengan harga 12 juta rupiah, peminat pada saat itu yang tertarik untuk membeli hanya 24 orang dan tiap-tiap orang membeli 2 laptop.  Tetapi pada suatu waktu, produk yang sama ditawarkan dengan separuh harga penawaran pertama yaitu hanya sebesar 6 juta rupiah saja. Dan ternyata, peminat di kompleks perumahan mewah yang lain hampir tertarik semuanya, produk pun terjual hingga 144 unit.

Jelas kondisi tersebut merupakan contoh permintaan elastis. Dan kurvanya tampak seperti berikut:

kurva permintaan elastis

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s